Rabu, 23 November 2011

Makanan dan Minuman Yang Dapat Membuat Gemuk

Makanan dan Minuman Yang Dapat Membuat Gemuk

MAKANAN dan minuman apa saja yang bikin gemuk?
Semua jenis makanan minuman berlemak, semua produk terbuat dari susu, jeroan, dan semua penganan yang manis-manis, menambah gemuk.
Minyak goreng, soto santan, jajanan dari kelapa, nasi padang, sayur lodeh juga, selain bajigur, mi, es krim, tart, lapis legit, cokelat, teh botol, cola, permen, kacang-kacangan, durian, nangka, cempedak, serta semua jajanan atau camilan bergula, dan gorengan, harus menjadi musuh orang gemuk.
CokelatMakan nasi memang sedikit, tetapi tak mengira kalau dihitung total kalori jajanan dan camilan harian ternyata sering lebih besar dari porsi makan resmi. Sepotong kue lapis legit setara dengan sepiring nasi.
DAPATKAH gemuk dicegah?
Dapat. Upaya pencegahan harus dimulai sejak masa kanak-kanak. Kasus gemuk yang bukan sebab penyakit lebih banyak disebabkan oleh karena ibu terlalu banyak memberi makan semasa usia kanak-kanak.
Bila anak kelebihan makan, maka sel-sel lemak tubuhnya selain lebih banyak (hyperplastic) dibanding anak normal, ukuran sel-selnya pun lebih besar-besar
(hypertrophic).
Sel lemak yang Iebih banyak dan Iebih besar ini yang akan membentuk pola pertumbuhan tubuh anak yang cenderung Iebih besar-besar hingga usia dewasa. Bakat tubuh berpola gemuk begini yang banyak dibawa anak-anak sekarang, yang sebetulnya tak perlu terjadi.
Konsep hidup sehat sekarang, tidak gemuk itu yang sehat, sedang gemuk itu penyakit, karena kelebihan berat badan mempunyai resiko. Anak yang sehat itu kalau tidak gemuk, tetapi juga tidak kurus. Maka, jangan bikin anak gemuk kalau sesungguhnya bisa tidak gemuk.
Upaya penurunan berat badan yang sudah telanjur kelebihan berat sebetulnya hanya mengempiskan sel lemak yang besar-besar saja. Cara ini tidak bisa mengurangi jumlah sel lemak tubuh yang sudah telanjur terbentuk berlebihan sejak masa kanak-kanak mula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar