Minggu, 04 September 2011

BILA MENGHADAPI COBAAN HIDUP

   Dalam menempuh kehidupan di dunia ini berbagai kenikmatan hidup dan bermacam cobaan pasti akan kita alami. Karena ini semua adalah konsekuensi dari hidup itu sendiri. Berani hidup harus berani mengalami bermacam resiko kehidupan. Bila suatu saat kita menerima kesenangan, kebahagiaan, itu adalah anugerah Allah yang harus kita sukuri. Rizki yang melimpah, keluarga sejahtera, ilmu yang bermanfaat, anak yg sholeh serta kesehatan jasmani adalah nikmat hidup yg tak terhingga. Segala puji bagi Allah yg telah memberikan semua itu kepada kita.
   Ada di antaranya bermacam cobaan dalam hidup sbb :
1. Ketakutan
    Perasaan takut adalah penyakit rohani yang berbahaya, yang akan menggerogoti jiwa kita. Takut menghadapi kehidupan, takut untuk mencoba sesuatu, takut akan sesuatu yg belum tentu benar,takut akan bayang-bayang masa lalu yg selalu datang menghantui. Dan hal ini akan membuat seseorang selalu ragu dan was-was untuk menentukan sikap.
2. Kelaparan
   Kelaparan di sini adalah akibat dari kemiskinan seseorang atau juga dari pengaruh yg bersifat umum ( resesi ekonomi ) di mana persediaan berkurang di mana-mana dan semua orang terkena dampaknya.
3. Kekurangan harta
    Hal ini bisa di sebabkan karena berbagai macam musibah dan bencana alam. Banjir, tanah longsor, kebakaran, korban PHK, korban perampokan dan lain-lain.
4. Kekurangan jiwa
    Jelasnya adalah kematian. Baik kematian biasa atau juga karena penyakit menular, akibat bencana alam atau akibat peperangan.
5. Kekurangan buah-buahan
    Ada yg menafsirkan kekurangan buah-buahan di sini adalah hasil pertanian. Hasil pertanian yg tidak membuahkan hasil karena serangan hama atau faktor alam, kemarau panjang atau hujan yg terus menerus dan menimbulkan banjir atau serangan awan panas.

    Pada kenyataannya cobaan hidup atau ujian hidup itu tidak hanya yang lima itu saja. Masih banyak lagi ujian hidup yg harus di jalani sebagai penguji kadar keimanan seseorang. Apakah iman seseorang itu kuat atau lemah akan tampak pada saat dia menghadapi ujian hidup tadi.
    Kini percayakan kepada Allah bahwa semua musibah, cobaan dan ujian hidup adalah takdir dari Allah, dan kita sebagai manusia wajib menjalaninya. Semoga kita termasuk orang yg mendapat rahmat Allah dan menjadi orang-orang yg mendapat petunjuk Allah. Amiiiinn..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar